MeYtia

Foto Saya

I was Wisholic of Wonogiri, because I Love WISH, FIFAKUBUS, and Ranumars
RSS
Post Icon

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet



Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet


Internet kadang terasa cepat dan kadang terasa lambat. Banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet tersebut. Koneksi internet menggunakan banyak perangkat dari penyedia layanan yang berbeda. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet adalah:
1. Unit Komputer
Komputer sangat berperan dalam kecepatan akses internet karena di dalam komputer ada harddisk, RAM, dan Processor yang berperan penting pada proses kerja komputer tersebut. Bila hardisk yang dipakai berkecepatan rendah maka kecepatan akses internet pun juga rendah, begitu juga bila menggunakan RAM atau Processor yang kecepatannya rendah, ini sangat mempengaruhi kecepatan akses internet.
2.      Modem
      Modem juga sangat mempengaruhi kecepatan akses internet. Modem mempunyai kecepatan yang berbeda-beda. Modem yang sering digunakan adalah modem yang berkecepatan 56 kbps. Modem yang anda gunakan.
Jangan sembarang membeli modem tanpa mengetahui kualitas modem tersebut, jika ISP anda memberikan kecepatan Internet sebesar 3,2 Mbps tetapi modem anda tidak mendukung sama saja bohong. (tetapi kecepepatan internet yang ditawarkan ISP kebanyakan kiasan saja)
Usahakan Modem Jangan Terlalu Panas
Modem yang panas akan mempengaruhi kinerja modem itu sendiri, yang secara langsung mempengaruhi kecepatan internet anda. Usahakan belilah kabel perpanjangan USB agar modem bisa diletakan dilantai untuk menjaga suhu modem tetap stabil.

3.      Jaringan Komunikasi yang digunakan untuk Akses Internet.
            Untuk mengakses internet kita bisa menggnakan layanan line telephone, CDMA, GPRS, dan satelit. Masing-masing layanan tersebut mempunyai kecepatan yang berbeda-beda. Kecepatan yang paling rendah adalah menggunakan line telephone.
4.      Besar Bandwidth
            Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Bandwidth biasanya diukur dengan satuan Hertz. Semakin besar bandwidth yang disediakan oleh ISP, maka semakin cepat pula akses internetnya. Kecepatan yang diberikan / ditawarkan ISP yang anda gunakan. Biasanya ISP (Internet Services Provider) memberikan beberapa penawaran tentang paket internetnya dengan kecepatan dan ketentuan yang berbeda satu sama lainnya. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan anda.
5.      Jumlah pengguna yang mengakses server secara bersamaan
Kecepatan akses internet pada jam-jam tertentu biasanya sangat lambat, ini dikarenakan banyaknya pengguna internet yang mengakses internet secara bersamaan. Pada jam 08.00 – 15.00 WIB biasanya jaringan internet sedang sibuk-sibuknya. Untuk itu bila tidak mendesak lebih baik mengakses internet diluar jam tersebut.
Jenis dari koneksi internet yang anda gunakan
Perlu diketahui bahwa banyak cara agar kita dapat terhubung (terkoneksi) dengan internet, berikut ini adalah beberapa jenis koneksi yang biasa dipakai di Indonesia secara umum :
o                  Dial Up : melalui sambungan kabel telephone rumah dengan modem biasa
o                  ADSL     : melalui sambungan kabel telephone rumah dengan modem ADSL, jenis koneksi ini lebih cepat dari Dial Up
o                  GPRS     : melalui modem Handphone atau mobile modem atau modem GSM atau CDMA, tidak begitu cepat dibandingkan dengan ADSL Modem
o                  Wireless: melalui Jaringan Wireless yang disediakan ISP, koneksi ini lebih cepat dari ADSL Modem tergantung dari berapa kecepatan yang diberikan ISP dan kemampuan perangkat wireless anda menangkap sinyal.
6.          Aplikasi
        Aplikasi / program / software yang anda gunakan untuk browsing di internet juga berpengaruh terhadap kecepatan akses internet, ada banyak sekali aplikasi browser saat ini, pilihlah yang menurut para peneliti di internet browser tersebut cepat dan aman. Contohnya : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, Netscape, Maxthon dan lain-lain.
7.          Tempat Tinggal atau area (signal)
        Jika tempat tinggal anda memberi sinyal yang kuat untuk kartu modem anda maka anda akan mendapat koneksi yang lancar, tetapi belum tentu cepat. Sinyal kuat hanya memberikan anda koneksi yang jarang terputus-putus.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar